10 Hal yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Menghadiri Festival Musik

Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+
happy young hippie friends dancing outdoors

Rentetan festival musik akan kembali digelar di Indonesia. Sebelum menghadirinya, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Tidak hanya kondisi fisik yang fit dan busana nyaman (namun tetap gaya), ada juga hal lain yang harus Anda persiapkan supaya pengalaman menonton festival musik jadi seru dan tak terlupakan. Anda siap berpesta? Simak daftarnya berikut.

1. BUAT DAFTAR TONTONAN
Biasanya pihak penyelenggara sudah mengumumkan jadwal penampilan para artis beserta lokasi panggung mereka seminggu sebelum festival digelar. Buat daftar musisi yang ingin Anda tonton agar tidak kebingungan saat festival berlangsung. Ingat, akses dari satu panggung ke panggung yang lain kemungkinan besar akan dibanjiri penonton. Tak jarang, dua musisi favorit Anda tampil pada jam yang sama di panggung berbeda. Anda bisa akali dengan membagi waktu tampil mereka dan bergantian menyaksikannya.

Tip JOY Buat prioritas, mulai dari yang paling ingin Anda tonton, kedua, dan seterusnya. Dari situ Anda bisa melihat, mana lokasi panggung yang paling strategis. Anda bisa tetap di satu lokasi karena akan lebih mudah dan nyaman, atau bersenang-senang dengan berpindah-pindah lokasi panggung tempat musisi favorit akan tampil.

2. TEMAN SETIA
Selain lebih seru, menghadiri festival musik bersama satu atau dua orang sahabat juga lebih aman. Anda bisa saling menjaga seandainya hal-hal tak diinginkan terjadi. Jika Anda bersama teman dalam jumlah besar, semisal lebih dari tujuh orang, sebaiknya pilih satu sampai dua orang yang jadi “tim inti” untuk menghindari ada yang terpencar jauh.

Tip JOY Nonton festival bersama teman bisa sangat efektif ketika antre untuk membeli makanan atau saat permainan. Caranya, bagi tugas untuk antrean yang berbeda. Anda pun akan menghemat waktu dan tenaga!

3. ATUR TRANSPORTASI
Mengingat lokasi parkir festival yang terbatas dan diserbu penonton dalam waktu hampir bersamaan, lebih baik Anda cari alternatif transportasi lain yang tidak mengharuskan Anda berlama-lama cari parkir. Uber, GrabCar, atau taksi bisa jadi solusi.

Tip JOY Minta teman dekat untuk menjemput Anda ketika pulang. Selain lebih aman, taksi kemungkinan sudah jarang karena festival musik biasanya berakhir cukup larut.

4. SEDIA TISU
Anda sudah berkomitmen menyaksikan festival musik seharian. Maka tisu basah dan kering harus selalu siap di tas. Simpan keduanya dalam satu kantong. Berguna untuk kenyamanan Anda terutama saat menggunakan toilet yang sering tidak ideal, bahkan kotor.

Tip JOY Tisu basah bisa jadi pilihan efektif untuk menyegarkan wajah bahkan tubuh setelah sekian lama terpapar debu di lokasi festival. Lebih baik dan praktis daripada sekadar air bersih karena tisu basah juga mengandung pelembap.

5. UANG TUNAI
Jangan persulit hidup Anda dengan membawa dompet besar penuh kartu yang tidak dibutuhkan. Siapkan tas kecil untuk memuat uang tunai, kartu kredit atau kartu ATM, juga KTP. Karena semua kegiatan belanja Anda kemungkinan dikonversikan ke dalam koin atau alat tukar yang ada di festival tersebut, dan tidak semua acara menyediakan mesin ATM, lebih baik Anda sedia cash.

Tip JOY Pastikan Anda membawa uang lebih. Karena harga di dalam sebuah festival bisa melambung dua hingga tiga kali lipat dibandingkan di luaran.

6. LUPAKAN JUMPSUIT
Jumpsuit memang gaya, dan pas untuk mempertegas tampilan saat hadiri festival musik. Tapi juga akan menyulitkan ketika akan buang air kecil. Apalagi toilet yang disediakan biasanya hanya memiliki ruang gerak yang terbatas

Tip JOY Ganti jumpsuit dengan atasan dan bawahan yang berwarna sama, atau kenakan overall pendek sebagai penggantinya.

7. JAKET RINGAN
Tidak ada yang bisa memprediksikan kondisi cuaca dalam suatu festival. Mulai dari hujan hingga teriknya matahari bisa mengganggu kegiatan Anda menikmati penampilan musisi favorit. Siapkan jaket dari bahan ringan seperti parasut yang tidak merepotkan tapi bisa jadi andalan saat gerimis, atau angin kencang.

Tip JOY Pilih jaket berbahan parasut dengan model agak longgar yang tetap nyaman dikenakan, semisal jaket bomber. Jika cuaca sedang terik Anda bisa mengikatnya di pinggang, dan berfungsi melindungi tubuh saat hujan, bahkan bisa dijadikan alas duduk.

8. SEPATU NYAMAN
Di festival musik, segala jenis sepatu sah dikenakan. Tapi pastikan alas kaki Anda nyaman dipakai berdiri berjam-jam di tengah padatnya kerumunan orang. Jika tetap ingin mengenakan sepatu bersol tebal, maka pilih yang solnya empuk agar kaki Anda tidak kelelahan.

Tip JOY Sepatu olahraga jadi opsi ideal untuk hadiri festival musik. Karena dirancang untuk kegiatan olahraga, sneakers nyaman dikenakan dan pas untuk berbagai cuaca. Tak perlu khawatir, sepatu olahraga pun kini tersedia dalam beragam pilihan supergaya!

9. KANTONG TAHAN AIR
Sekali lagi, tidak ada satupun penyelenggara acara yang bisa memastikan cuaca akan bersahabat sepanjang festival berlangsung. Untuk menjaga barang-barang elektronik Anda dari kerusakan yang tidak diinginkan, pastikan Anda sediakan kantong tahan air untuk menyimpan alat elektronik.

Tip JOY Jangan bawa terlalu banyak gadget! Selain merepotkan, biasanya Anda hanya akan menggunakan ponsel yang sekarang sudah punya resolusi tinggi untuk merekam video atau mengambil gambar. Praktis!

10. DAYA CADANGAN
Menikmati festival musik tak lepas dari serunya mengabadikan pengalaman seru tersebut dalam video atau foto. Belum lagi mengunggahnya di media sosial. Ponsel Anda pasti bekerja keras. Agar tidak kerepotan menghubungi teman saat ponsel kehabisan daya, siapkan powerbank yang sudah terisi penuh. Anda pun tak perlu menghabiskan waktu mencari portal charger selama menikmati festival.

Tip JOY Tak jarang Anda sulit mendapat sinyal saat berada di festival musik. Wi-fi yang disediakan penyelenggara pun seringkali digunakan banyak orang hingga tidak stabil. Jika Anda termasuk tipe yang harus selalu terhubung dengan email atau media sosial, bawa wi-fi portabel.

dok. ingimage
Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+