Sembilan Cara Cerdas Berkemas

Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+

Opening

Tiket sudah dibeli, rencana perjalanan telah dibuat, lalu apa lagi yang harus dilakukan menjelang liburan? Berkemas! Kegiatan yang satu ini memang terkesan mudah, tapi banyak orang menghabiskan waktu lama melakukannya. Survei yang dilakukan oleh TravelSupermarket menyebutkan bahwa pria menghabiskan rata-rata 76 menit untuk mengisi kopernya. Sedangkan wanita butuh kira-kira 85 menit. Padahal satu dari empat wanita tersebut telah merencanakan barang-barang yang akan dibawa satu hingga dua minggu sebelumnya.

Agar waktu Anda yang berharga tidak terbuang percuma, cari cara mengepak yang paling sesuai dengan Anda. Berikut 9 cara cerdas berkemas untuk liburan yang menyenangkan.

1. TAS SESUAI PERJALANAN
Pertimbangkan tujuan, durasi, dan kapasitas bagasi yang diperbolehkan oleh moda transportasi yang dipilih saat liburan. Ketiganya akan berpengaruh kepada tas apa yang akan Anda gunakan jumlah barang yang dibawa. Misalnya, akan lebih nyaman bepergian dengan koper saat Anda tidak banyak melakukan perpindahan hotel atau kota. Berbeda halnya jika perjalanan Anda melibatkan pendakian, tas ransel berukuran besar dengan banyak kantong mampu mengakomodasi kebutuhan Anda.

2. PILIH PAKAIAN
Tampil gaya adalah dambaan hampir semua orang, termasuk saat sedang berlibur. Namun, keterbatasan ruang kemas bikin kita harus realistis dan menyingkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Pilih busana yang nyaman dan berwarna netral. Dengan begitu, Anda bakal mudah memadupadankannya satu sama lain. Selain itu, bawa baju yang bisa berfungsi ganda. Misalnya, kemeja kasual yang bisa dijadikan sebagai pakaian utama atau luaran. Jika ingin membawa gaun pendek, pastikan kalau bahannya tidak mudah kusut. Anda bisa melapisinya dengan kertas koran sebelum dilipat dan dimasukkan ke dalam tas.

3. LANGSUNG GULUNG
Buat baju-baju yang Anda bawa menjadi gulungan dan susun di dalam tas dengan rapi. Dengan begitu, tas bakal memuat lebih banyak barang karena Anda bisa menyelipkan pernak-pernik, seperti pakaian dalam, untuk memenuhi rongga antara satu baju dengan lainnya.

4. MANFAAT SYAL
Syal berukuran cukup besar atau pashmina ternyata banyak berguna dalam perjalanan. Kain tersebut bisa digunakan sebagai handuk karena cepat kering, pakaian pelapis, alas duduk di pantai, selimut, atau aksesori gaya.

5. TEBAL TIPIS
Pakai benda-benda yang tebal. Maksudnya, jika merasa membutuhkan sepatu bot atau jaket tebal di lokasi wisata, kenakan saat keberangkatan. Sehingga perlengkapan tersebut tidak memakan tempat. Sebaliknya, sandal jepit yang lebih tipis bisa dimasukkan ke tas. Jika Anda membawa sepatu, isi dengan kaus kaki yang sudah digulung dan dimasukkan ke dalam plastik. Selanjutnya, lapisi alas kaki dengan topi mandi dan letakkan di dasar koper.

6. VERSI MINI
Bawalah produk-produk berukuran kecil yang aman dibawa ke dalam kabin dan bisa mengurangi bobot bawaan. Jika tidak menemukan produk dalam ukuran yang dimaksud, Anda bisa membeli satu set botol atau wadah mini yang khusus diperuntukkan untuk vakansi. Selanjutnya, pindahkan krim atau cairan ke dalamnya dan satukan dalam kantong transparan. Selain mengamankan baju-baju dari kemungkinan ketumpahan cairan, cara tersebut juga bakal memudahkan Anda jika sewaktu-waktu mengalami pemeriksaan di bandara.

7. KERJA KANTONG
Mengorganisasi barang bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Ada satu cara mudah yang bisa diaplikasikan, yaitu menggunakan kantong-kantong kecil untuk memuat satu kategori benda. Misalnya, kantong transparan untuk likuid, yang berwarna biru untuk kosmetik, atau warna merah untuk aksesori.

8. APLIKASI PINTAR
Beberapa aplikasi pintar bisa membantu proses berkemas agar lebih efektif dan efisien:
Packpoint membantu menentukan benda-benda apa saja yang harus dibawa berdasarkan jenis kelamin, tujuan, kegiatan, dan durasi liburan. Plus, disesuaikan dengan temperatur di destinasi kunjungan.
Triplist akan membantu Anda mengingat apa saja barang yang Anda bawa, dan menimalisir barang yang tertinggal.
Closet+ bisa mengelompokkan isi lemari Anda berdasarkan warna, cara pencucian, dan favorit. Anda jadi bisa rencanakan busana mana yang hendak dipakai di tempat tujuan

9. PIRANTI ESENTIAL
Selain aplikasi, ada beberapa benda lainnya yang wajib Anda bawa:
Adaptor Universal Terutama jika Anda berencana keluar negeri. Setiap negara atau hotel menggunakan jenis stopkontak yang berbeda-beda. Biasanya beberapa hotel sudah menyediakan sambungan listrik berupa USB port yang bisa Anda gunakan untuk mengisi daya baterai telepon genggam dan kamera, tapi tak ada salahnya untuk selalu membawa travel adapter yang terdiri dari berbagai kaki untuk berjaga-jaga.
Kamera Digital Sesuaikan kamera dengan kebutuhan Anda. Dan gunakan untuk menyimpan memori kunjungan Anda di lokasi vakansi.
Pemutar Musik dan Earphone Keberadaan musik jadi penunjang penting, apalagi saat Anda melakukan perjalanan jauh atau ingin menyepi. Buat daftar putar yang sebelumnya untuk menyesuaikan dengan suasana hati dan tempat yang akan dikunjungi.

Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+