Emma Watson Kembali Suarakan Kesetaraan Gender

Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+
Blog Celeb_11112015_EmmaWatson[2]

Berita ini telah diperbarui. Sebelumnya diberitakan Emma Watson memberikan pidato soal kesetaraan gender di forum PBB tahun 2014 silam. Baru-baru ini Emma kembali menginspirasi banyak orang lewat video wawancaranya dengan Malala Yousafzai.

Sejak pidatonya di podium PBB tahun 2014 lalu, pemeran Hermione Granger ini dikenal sebagai feminis muda yang modern. Sehubungan dengan pesannya soal kesetaraan gender, Emma baru-baru ini mewawancarai Malala Yousafzai, seorang aktivis pendidikan di Pakistan yang juga penerima Nobel Perdamaian termuda di dunia, dalam acara pemutaran perdana film dokumenter Malala yang berjudul He Named Me Malala awal November lalu.

Dalam wawancara tersebut, Emma memastikan Malala setuju bahwa feminis adalah bagian dari kesetaraan. “Saya sudah bermaksud untuk menanyakan kepada Malala apakah dia seorang feminis atau bukan. Namun pertanyaan tersebut urung saya tanyakan karena setelah saya telusuri saya tidak menemukan pernyatan dari Malala kalau ia adalah seorang feminis,” tutur Emma dalam tulisan di video wawancaranya. “Tapi di tengah wawancara justru Malala menyatakan bahwa dirinya adalah seorang feminis. Pernyataan tersebut membuat saya benar-benar bahagia,” tambahnya.

“Setelah mendengar pidato Emma di forum PBB, saya merasa tidak ada salahnya menyebut diri sebagai seorang feminis. Saya feminis, karena feminis sendiri adalah kata lain dari kesetaraan diri” – Malala Yousafzai

Malala sendiri mengaku kalau dirinya terdorong untuk menjadi seorang feminis setelah mendengar pidato menginspirasi aktris asal Inggris tersebut. “Setelah mendengar pidato Emma di forum PBB, terutama saat mendengar bagian, ‘Jika tidak sekarang, kapan? Jika bukan saya, siapa?’, saya merasa tidak ada salahnya menyebut diri sebagai seorang feminis. Saya feminis, karena feminis sendiri adalah kata lain dari kesetaraan diri,” ungkap Malala dalam wawancara tersebut. Emma yang mendengar pernyataan tersebut sangat terharu bahkan sempat menitikkan airmata. Video yang diunggah di akun Facebook Emma Watson tersebut telah ditonton sebanyak 4,9 juta kali, disebar lebih dari 50 ribu kali ke seluruh dunia, dan menginspirasi jutaan mata yang menontonnya.

Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+