Enam Investasi Mudah Demi Masa Depan

Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+
openinglife

Wanita dan belanja memang tak bisa dipisahkan. Memang tidak ada yang salah dengan suka berbelanja, tapi bukan berarti mengabaikan perencanaan untuk masa depan. Sayangnya, menurut riset yang dilakukan Prudential, hanya 23 persen dari 1400 wanita yang sudah memiliki rencana keuangan. Bahkan tidak sedikit yang kurang familiar dengan ragam produk investasi. Padahal, investasi akan lebih menguntungkan jika dilakukan sejak usia muda. Pilihannya pun beragam, mulai dari reksadana, logam mulia, sampai properti. Berikut JOY pilihkan enam jenis investasi ideal yang sebaiknya mulai Anda lakukan sejak dini:

1. SAHAM
Investasi lewat pasar saham secara tidak langsung menjadikan kita pemilik dari badan usaha yang kita beli sahamnya. Namun, apa keuntungannya menjadi pemegang saham? Sebagai gambarannya: jika Anda membeli saham dengan harga 1.000/lembar saham, lalu badan usaha yang sahamnya Anda beli mendapatkan respon positif dari pasar, sehingga harga sahamnya meningkat menjadi 1.100/lembar saham. Maka, Anda sebagai pemilik saham memiliki keuntungan 100/lembar saham. Semakin besar saham yang Anda miliki, keuntungan pun bisa berlipat ganda. Hati-hati, jika nilai saham pengalami penurunan, begitu juga nilai investasi Anda. Investasi ini memang cukup berisiko, tapi jika Anda termasuk yang punya nyali dan modal cukup tinggi, investasi ini tidak jarang memberikan keuntungan yang melimpah.

2. REKSADANA
Jenis investasi yang satu ini memang cukup terjangkau dengan keuntungan lumayan menjanjikan. Hanya dengan Rp100.000 saja Anda sudah bisa membeli reksadana. Jika ingin investasi dengan jangka waktu singkat, semisal satu sampai dua tahun, pilihlah reksadana pasar yang cukup likuid dengan modal kecil. Anda dapat membeli reksadana sebagai produk investasi di bank-bank yang ada di kota Anda.

3. LOGAM MULIA
Terbilang investasi yang cukup populer dengan risiko rendah. Tinggal sesuaikan besaran logam mulia yang akan Anda beli dengan dana yang tersedia. Harga logam mulia memang jarang menurun, walaupun kenaikannya tidak selalu signifikan. Investasi ini cocok untuk Anda yang ingin menyimpan modal dalam jangka panjang, sekira 5-10 tahun.

4. OBLIGASI RETAIL INDONESIA
Obligasi secara sederhana bisa dipahami sebagai surat perjanjian hutang yang dikeluarkan oleh pihak pertama kepada pihak kedua. Dana tersebut kemudian digunakan untuk kebutuhan pengembangan bisnis dan nantinya akan dikembalikan beserta bunga yang telah disepakati. Obligasi Retail Indonesia (ORI) sendiri diterbitkan oleh pemerintah, di mana dana yang Anda investasikan akan digunakan untuk membiayai anggaran negara. ORI biasanya dijual di bank-bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah, sekaligus informasi soal besaran keuntungan dan jangka waktu investasi.

5. PROPERTI
Investasi properti mungkin adalah jenis investasi paling mahal bagi anak muda. Namun, mengingat harga tanah dan bangunan biasanya naik secara signifikan dari tahun ke tahun, investasi ini bisa jadi pertimbangan jika Anda telah memiliki penghasilan yang memadai di usia muda. Mulai dari tanah, rumah, hingga apartemen bisa jadi pilihan. Perhatikan hal berikut sebelum menentukan pilihan: legalitas properti, lokasi, rencana pembangunan daerah 5-10 tahun ke depan, dan biaya pemeliharaan.

6. BARANG MEWAH
Mobil dan barang bermerek termasuk barang-barang mewah. Namun, apakah barang yang nilainya bisa ratusan juta ini bisa menjadi suatu investasi? Jawabannya: bisa. Jam tangan, perhiasan, bahkan tas bisa menjadi investasi. Namun sebaiknya investasi pada produk tersebut dilakukan setelah Anda memiliki investasi klasik dengan nilai yang memadai. Selain karena investasi barang mewah menuntut kejelian dalam melihat pasar, nilai barang yang Anda punya bisa menurun jika tren bergeser.
Enam Investasi Mudah Demi Masa Depan

Doc. INGIMAGE

Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+