Hari Nef, Model Transgender Pertama Untuk Gucci

Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+
hari nef opening 1

Diskusi mengenai gender yang sudah beberapa tahun ini jadi perbincangan hangat semakin mencuat di tahun 2016. Di dunia fesyen, soal gender diramaikan dengan hadirnya produk berkonsep genderless, hingga merambah ke panggung busana. Dalam gelaran Milan Fashion Week tahun ini, Hari Nef, seorang model transgender yang juga pernah membintangi serial televisi Transparent, memulai debut bersejarahnya dengan berjalan di atas catwalk untuk koleksi busana lelaki Gucci musim gugur/dingin 2016.

foto 1 hari nef

“ Kita harus belajar mengenali orang lain lebih dekat, dan menilai dari karakter, bukan sekadar memberi label”
– Hari Nef

Pada kesempatan tersebut, Hari yang mengenakan busana ready-to-wear serba merah dari Gucci mencuri perhatian karena tampilannya yang genderless. Berbalut cape, topi bowler, kacamata superbesar, celana potongan lurus, sepatu pilgrim serta beberapa cincin di jemarinya, ia seolah menjadi gestur nyata yang menyuarakan kesetaraan gender. “Menjadi wanita adalah pilihan, begitu juga menjadi transgender. Keduanya sama-sama menarik untuk saya saat ini. Kita harus belajar mengenali orang lain lebih dekat, dan menilai dari karakter, bukan sekadar memberi label,” papar Hari yang juga salah satu penulis di blog LennyLetter.

foto 2 gucci

Koleksi Gucci Menswear musim gugur/dingin 2016

Alessandro Michele, direktur kreatif Gucci, memang dikenal dengan desainnya yang mendobrak batasan gender. Terlihat dari koleksi Gucci di bawah kendali kreatif desainer yang juga dapat penghargaan desainer terbaik di British Fashion Award 2015. Hal itu pun diakui oleh Hari, “Alessandro adalah sosok yang luar biasa. Ia bisa melihat karakter seseorang dan tidak mudah memberi label. Merupakan pengalaman yang luar biasa bisa tergabung dalam tim ini,” ujarnya dalam wawancara seusai acara.

Akankah rumah mode lain mengikuti jejak Gucci? Kita tunggu saja!

Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+