Sembilan Cara Jitu Berhemat

Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+
02G71318_rev

Apakah Anda selalu kesulitan keuangan di akhir bulan meskipun baru saja mendapatkan promosi bahkan pekerjaan baru dengan kenaikan gaji yang tidak sedikit? Atau kebutuhan setiap bulannya terasa sulit dicukupi? Kalau Anda menjawab ya pada salah satu dari pertanyaan di atas, berarti Anda membutuhkan perubahan gaya hidup. Tenang, maksudnya bukan tidak boleh bersenang-senang. Baca dulu sembilan cara jitu berhemat yang akan membuat tabungan Anda sedikit bernapas lega.

1. SELALU CATAT PENGELUARAN
Biasakan mencatat semua pengeluaran agar bisa Anda telaah lagi di bulan berikutnya. Dengan begitu, Anda bisa menganalisa biaya apa yang bisa dipangkas bulan depan. Selain membuat pemasukan dan pengeluaran Anda lebih terorganisir, kebiasan ini pun membuat Anda lebih bijak dalam membelanjakan uang.

2. TENTUKAN PRIORITAS
Salah satu penyebab uang bulanan habis sebelum waktunya adalah karena dana menganggur yang tersimpan di rekening. Kemudahan berbelanja online tanpa harus beranjak dari meja lalu membuat banyak orang jadi pembelanja impulsif. Padahal, kebutuhan inti belum terpenuhi. Agar hasrat belanja terkendali, buat daftar prioritas: keperluan bulanan, tagihan tetap, cicilan, hingga ongkos harian yang termasuk kebutuhan utama. Ketika semua sudah aman dialokasikan, silakan mulai daftar kebutuhan lainnya. Ingat, sisakan sejumlah dana untuk kebutuhan darurat.

3. SISIHKAN TERLEBIH DAHULU
Terbiasa menabung sisa uang yang ada di akhir bulan? Coba ubah kebiasaan itu dengan menyisihkan dana untuk ditabung pada awal bulan. Anda akan terbiasa memenuhi kebutuhan dengan uang yang sudah dianggarkan, dan lebih mampu menahan diri ketika godaan datang.

4. BAYAR HUTANG TEPAT WAKTU
Tidak ada salahnya menggunakan kartu kredit, terutama jika Anda sering bepergian. Selain lebih aman dibandingkan membawa uang tunai dalam jumlah besar, Anda jadi lebih tahu dengan pasti banyaknya pengeluaran dalam satu bulan. Tapi harus diingat bahwa terlambat membayar atau hanya menyetor jumlah minimal saja membuat hutang Anda dengan cepat menumpuk. Jika berani gunakan kartu kredit, Anda juga harus bisa membayar lunas tagihannya sebelum jatuh tempo.

5. TETAPKAN SATU TANGGAL BELANJA BULANAN
Daripada berkali-kali mampir ke supermarket, lebih baik tentukan satu hari khusus untuk belanja bulanan. Dengan trik ini, godaan untuk membeli berbagai benda yang tidak dibutuhkan bisa dihindari untuk satu bulan ke depan. Anda juga jadi lebih tahu berapa tepatnya pengeluaran rumah selama sebulan. Jangan lupa catat setiap kebutuhan agar tidak ada yang terlewat, dan pastikan membeli kebutuhan utama dengan kemasan besar yang lebih hemat.

6. BAWA BEKAL
Selain sehat, hemat uang, memasak sendiri santap siang Anda juga bisa asah kemampuan di dapur. Apalagi jika ingin menurunkan berat badan, sedikit demi sedikit Anda bisa kurangi porsi bekal hingga capai bentuk tubuh idaman. Jika ingin lebih praktis, ada banyak bumbu siap saji di pasar swalayan yang bisa memudahkan aktivitas dapur.

7. PINTAR MEMILAH
Sudah bertahun-tahun jadi anggota sasana kebugaran meskipun hanya datang satu kali setiap bulannya? Atau terbiasa selalu pesan antar untuk teman menonton serial televisi di malam hari? Telaah lagi pengeluaran bulanan Anda, lalu pangkas yang merugikan. Anda bisa lakukan yoga di rumah dengan bantuan DVD kebugaran atau video panduan di YouTube. Lalu konsumsi buah sebagai ganti makanan siap saji saat ingin mengudap. Tubuh pun makin bugar!

8. TENTUKAN HARI KUNJUNGI ATM
Dibanding pergi ke ATM setiap kali butuh dana tunai, lebih baik hitung keperluan Anda selama seminggu dan ambil sejumlah itu seminggu sekali. Dengan begitu, Anda tidak dengan impulsif berbelanja atau makan siang mewah jika uang mingguan Anda sudah menipis. Mungkin berat awalnya, tapi lama-lama Anda akan terbiasa. Tak percaya? Coba praktikkan!

9. INVESTASI PADA HIBURAN RUMAH
Salah satu cara mengurangi kunjungan ke tempat hiburan adalah dengan membuat hunian Anda lebih nyaman. Mulailah berlangganan TV kabel atau mendaftarkan diri ke situs hiburan online. Walaupun awalnya pengeluaran terlihat lebih besar, tapi cara ini bisa memangkas bujet senang-senang untuk jangka panjang. Ketimbang menonton film baru setiap minggu, Anda bisa undang sahabat atau kekasih dan bikin acara sendiri di rumah. Buat juga camilan untuk melengkapi momen tersebut.

dok. ingimage
Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on TumblrShare on Google+